Rabu, 20 April 2016

Itinerary Jalan-jalan ke Tokyo part 1

Itinerary Jalan-jalan ke Tokyo- Bikin itinerary itu bukan hal yang mudah, apalagi Itinerary Jalan ke Tokyo dimana saya baru pertama kali kunjungin. Pak suami yang sudah pernah sekolah disana 11 tahun lalu memilih untuk menyerahkan itinerary jalan di Tokyo ke saya ditengah kesibukan kami, salah satunya dengan project Kostum Nami OnePiece waktu itu. Walaupun sedikit pusing diawal tapi jujur saya sangat menikmati mengurus rencana perjalanan ini. Secara ke Tokyo gitu lhoo..salah satu destinasi yang saya idamkan sejak lama untuk dikunjungi.

Baca Pula :
Jalan Jalan ke Tokyo Part 2
Jalan Jalan Ke Tokyo Part 3

Berikut Itinerary perjalanan kami kemarin ke Tokyo :

Day 1 :

00.20 - 05.50 Berangkat CGK - HK naik Cathay Pacific

05.50 - 08.00 Transit di HKIA (Hongkong International Airport)
Langsung masuk ke area transfer ke penerbangan berikutnya, dan menuju ke boarding gate. Bagi muslim ada prayer room di gate 40 di dalamnya juga ada tempat wudu (disana disediakan sajadah, harap membawa mukena sendiri bagi perempuan). Sambil menunggu waktu boarding bisa sambil ngecharge gadget dan browsing karena di HKIA free wifi. Aktifkan wifi mu lalu tinggal connect ke HKIA free wifi. Lumayan nyaman lah transit di HKIA, kita bisa juga jalan-jalan ke sekeliling bandara yang semua dindingnya yang menghadap keluar dibalut kaca sehingga kita bebas memandang keluar.

Prayer room di HKIA boarding gate 40

disini disediakan sajadah
Tempat wudu di prayer room HKIA

08.35 - 01.50 HK - HND (Tokyo) naik Cathay Pacific
Saat di pesawat diberikan form isian untuk pemeriksaan imigrasi ketika sampai di Tokyo, sebaiknya diisi saat di pesawat agar saat mendarat kita tinggal masuk antrian imigrasi saja.

Selesai imigrasi dan ambil bagasi, aku langsung ke counter ABC yang berada di terminal keberangkatan domestik untuk ambil mobile wifi yang aku pesan via pupuru.com
Kemudia petualang di Tokyo segera dimulai...

Rental mobile wifi via pupuru.com

Sebelum kami naik ke platform kereta, kami membeli pasmo card yang ada di counter Tourist Information Center yang terletak persis di depan pintu kedatangan International. Kami membeli pasmo card seharga 3000 yen sudah termasuk deposit kartu 500 yen. Kebetulan kakak iparku meminjamkan 1 pasmo card untuk kami selama di Tokyo, tinggal top up saja di mesin nya yang ada di stasiun kereta. Minimal top up 1000 yen. Kartu pasmo ini bisa kita pakai untuk naik kereta selama di Tokyo selain itu juga bisa dipakai untuk belanja di combini store atau toko tertentu. Semacam kartu flazz bca kalau di Indonesia.
Kita tinggal tap aja saat akan masuk stasiun, lalu saat sampai di stasiun tujuan pun begitu. sehingga kita tidak perlu bingung menghitung biaya naik kereta sampai ke stasiun tujuan. Karena di Tokyo ini banyak sekali jalur kereta nya, biar lebih menghemat waktu dan efisien dalam urusan transportasi lebih baik menggunakan pasmo card.Untuk anak usia dibawah 6 tahun masih free. Jadi saat mau masuk line kereta di tap nya sekali aja masuknya barengan sama ortu nya.

Pak suami lagi minta petunjuk arah petugas di stasiun

Platform kereta di terminal internasional bandara Haneda

Urusan pasmo card selesai, siap naik ke platform kereta di stasiun Haneda. Pede kali yaak...hahaha..engga juga siy pak suami perlu tanya-tanya dulu sama petugas di stasiun sebelum naik platform. Tujuan kita setelah keluar bandara haneda adalah ke penginapan yang mana ada di daerah Disney Resort. Yaap saya sudah buking di Tokyo Bay Maihama Hotel club resort untuk menginap selama dua hari ke depan. Alesannya adalah karena tujuan kami agar lebih dekat ke Disneyland dan Disneysea.
Perjalanan sampai ke hotel cukup berliku, karena kami harus ganti jalur kereta empat kali dan bahkan saat pindah jalur harus keluar stasiun dulu.

Selama perjalanan menuju hotel kami mulai merasakan udara dingin Tokyo yang kala itu 11 derajat suhu nya. Alhamdulillah karena dari Jakarta sudah persiapan baju hangat jadi langsung dipakai ketika tadi kami keluar haneda. Setalah perjuangan turun naik kereta dan pindah jalur serta udara dingin saat itu, perut lapar rasanya..mau makan tapi masih jetlag bingung mau cari makan diluar stasiun. akhirnya sampai di stasiun Shin-Kiba kami mampir di combini store New Days untuk beli onigiri sebagai pengganjal perut. Menurut pak suami onigiri yang dijual disini tidak semua boleh dimakan oleh kita orang muslim, karena menurut bliau ada beberapa yang mengandung bahan yang haram dikonsumsi muslim. Untuk urusan makanan saya percayakan sama pak suami yang jadi private guide kami selama disini. ya secara saya bener-bener lost in translation bahasa nihon apalagi tulisan kanji nya hihihihi...Akhirnya pak suami memilihkan kami onigiri yang berisi ikan tuna dan berisi fresh salmon. Anak wedhoku seneng banget makan onigiri yang ada fresh salmon nya, bahkan sekali makan habis 2 onigiri hahaha..itu doyan atau laper yaa kira-kira..

Pengalaman pertama sampai Tokyo jajan di New Days beli onigiri

Salmon onigiri yang kita beli di New Days

Dari stasiun Shin-Kiba kita pindah platform ke jalur JR untuk ke stasiun Maihama, stasiun terdekat dengan Disney resort. Kalau ibarat smartphone badan ini rasanya uda low batt butuh di charge lg alias butuh selonjoran maksimal hahaha...
Begitu kluar di stasiun Maihama nuansa Disney cukup kental. kebetulan kami sampai di stasiun Maihama sudah pukul 5 sore..hehe sudah 2 jam lebih ternyata perjalanan dari bandara haneda sampai disini.
Ga sabar pengin cepet sampai hotel dan selonjoran, tapi tiba-tiba kami bingung dunk ini ke hotel nya arahnya kemana pulaak..hahaha...
Akhirnya begitu keluar dari stasiun maihama kami liat ada Tokyo Disney Resort Welcome Centre, masuklah kesitu dan tanya-tanya arah ke hotel tempat kami menginap. Setelah mendapat petunjuk dari staff yang ada disitu, kami segera keluar dan menunggu shuttle bus yang akan membawa kami ke hotel. Setelah menunggu lama di tempat yang sudah di informasikan petugas tadi lalu masih bingung aja bus nya yang mana.. mungkin karena efek jetlag dan kelelahan pak suami pun bingung dengan penjelasan petugas tadi hahahaha... secara saya mengandalkan dia lhoo kok dia malah bingung juga... semakin sore udara dingin semakin terasa karena anginnya cukup kencang dan kebetulan juga disney resort ini berada di pinggir teluk yang langsung mengarah ke laut lepas. Di kala kami mulai hopless tiba-tiba ada orang mendekati kami dan menyakan tujuan kami. Mungkin karena mereka lihat wajah kami bukan penduduk lokal dan gembolan kami yang segede alaihim itu menggugah hati nya untuk membantu ... (hihihi...). Akhirnya dapet info dari pria misterius itu kalau bus yang bisa membawa kami ke Tokyo Bay Maihama Hotel adalah bus dengan gambar kepala mickey mouse.

Stasiun Maihama dari tempat kami menunggu shuttle bus ke hotel
Akhirnya naik Mickey bus ke hotel

Oiya jika akan menginap di Disney Resort seperti kami, pastikan dengan benar nama hotel nya. Ada Tokyo Bay Maihama hotel dan Tokyo Bay Maihama hotel club resort. Masing-masing hotel menyediakan shuttle Mickey bus ke hotel, letak hotelnya juga bersebelahan, tapi sekali lagi pastikan saat naik mickey bus kita menuju hotel yang tepat. Pengalaman pertama kami saat akan cek in ternyata kami salah masuk hotel hahaha.. yang seharusnya di Tokyo Bay Maihama hotle club resort tapi malah ke Tokyo Bay Maihama hotel..alhasil keluar lagi sambil bawa-bawa koper segede alaihim untuk ke hotel sebelah hehehe... di Jepang ga ada porter seperti kita di Indonesia ya, kita kudu hand carry alias bawa sendiri bawaan kita.
Akhirnya berhasil cek in dan masuk kamar sekitar jam 6 sore..alhasil mager aja deh malam ini. Biar besok pas ke Disneyland bisa seger dan semangat 45.