Minggu, 10 April 2016

Restaurant dan Makanan Halal di Tokyo

Pertama kalinya ke Tokyo, Alhamdulillah didampingi sama pak suami yang jadi private guide saya. Selain itu juga sebagai translator saya selama di Tokyo..hehe.. Selama di Tokyo mencari makanan halal di Jepang bukan lah hal yang mudah. Kalau ada restaurant disana yang tidak ada label halal pasti pak suami akan tanya kepada pramusaji nya bahan apa saja yang digunakan pada makanan tersebut.

Berikut beberapa restaurant halal yang kami singgahi selama di Tokyo :

1. Sekai Cafe
Reastaurant ini berada di daerah Asakusa. Disini ada sertifikat halalnya. Selain itu disini juga disediakan tempat sholat bagi para pengunjung muslim. Tapi yg tersedia hanya sajadah, bagi muslim wanita harap membawa mukena sendiri.


Kebetulan karena saya selalu membawa mukena di dalam tas jadi tidak masalah disana tidak disediakan mukena. Bahkan pengunjung wanita lain yang akan sholat ada beberapa yang memakai mukena saya.


Promosi iklan jualanku di Custom Cosplay in Japan

2. The Manhattan Fish
Restaurant ini berada di daerah Ikebukuro. Tidak jauh dari stasiun Ikebukuro. Disini juga terdapat sertifikat halal dan menu yang disediakan seafood.

 Tapi bukan seafood seperti chinnese food ya.. ikan, udang dan cumi dikasih bumbu lalu ada yang di grill dan ada yang di goreng. Disini juga tersedia tempat sholat seperti di Sekai Cafe.



3.Tempura Tendon Tenya
Restaurant ini tidak ada sertifikat halal nya, tapi menurut pak suami makanan yang disajikan di restauran ini tidak mengandung bahan yang diharamkan umat muslim. Karena tempura nya adalah sayuran dan seafood (ikan, cumi, udang). Kami sempat singgah ke dua cabang yang ada di Asakusa dan Harajuku, Omotesando. Cukup bilang "tare nashi de"

Pak suami seneng banget makan tempura tendon disini

4. The Gindaco
Disini menu yang disediakan Takoyaki, street food ala jepang. Walaupun belum ada label halal nya disini namun menurut pak suami Insya Allah halal. Dengan catatan kita order menu takoyaki original ya. Takoyaki disini lumayan gede gak kayak yang di Jakarta. Lumayan buat cemilan mengingat disana udaranya dingin jadi cepet lapeer bawaannya hahaha..alesaan ajah :D.
Kebetulan The Gindaco yang saya kunjungi ga jauh dari stasiun Harajuku. Sepanjang jalan itu juga banyak terdapat pertokoan buat yang hobby belanja. Sebelum belanja bisa mampir ke The Gindaco buat pengganjal perut sebelum shopping di Harajuku

The Gindaco di Harajuku 

Melipir dulu menikmati Takoyaki 

5. Saizeriya
Ini juga salah satu resto yang kami singgahi selama di Tokyo. Disini makanan yang disajikan lebih ke italian food seperti pasta, spaghetti, pizza, baked potato dll. Disini juga tidak ada label halalnya. Namun beberapa menu menurut pak suami Insya Allah halal seperti spaghetti seafood, spaghetti cumi, spaghetti tako (telur ikan) dan mushroom pizza yang semuanya dimasak dengan minyak zaitun atau olive oil.








Kami sempat mengunjungi Saizeriya di stasiun Maihama setelah kami mengunjungi Disneyland dan Saizeriya Odaiba yang terletak di seberang Decks (legoland discovery center)

Makan malam di Saizeriya Odaiba

Sebenarnya untuk list restoran halal di Jepang ada beberapa lagi dan saat perjalananku ke Asakusa (lihat tulisanku Jalan Jalan ke Asakusa) ada tourist center yang menyediakan booklet restoran halal disini. Moga moga tulisanku ini bermanfaat bagi kamu yang akan berkunjung dan Jalan jalan ke Jepang yah.


3 komentar: