Selasa, 01 Maret 2016

Aktifitas anak: yoga and art meditation for kids

Sejak ikutan community program yoga for kids bulan lalu, Ara ternyata menyukai kegiatan ini. Bulan ini pun kebetulan dapat undangan untuk mengikuti kegiatan yoga for kids lagi.
Pada pertemuan kali ini ada tambahan session yaitu art meditation. Setelah anak-anak melakukan simple asana yoga kemudian dilanjutkan dengan art meditation. Untuk kegiatan art meditation ini anak diwajibkan membawa alat gambar untuk mewarnai.

Yoga for kids : simple asana 




Kegiatan art meditation ini adalah salah satu sarana untuk mengetahui perasaan yang ada pada diri seseorang. Dalam kegiatan ini anak memilih 5 warna yang disukainya. Lalu diberikan gambar hati untuk diwarnai dengan kelima warna yang telah dipilih. Setelah diwarnai kita buat lima kategori perasaan seperti senang, sedih, takut, nervous, bingung. Anak diminta menentukan warna apa yang tepat menurut mereka untuk tiap kategori tersebut. Dari kelima warna, lihat warna yang dominan diantara kelima nya. Ini diartikan sebagai salah satu bentuk ekspresi perasaan mereka yang sedang mereka rasakan.


Art meditation for kids: mewarnai 
Sebagai orang tua, terutama buat aku mengikut sertakan kelas yoga ini bermanfaat. Khususnya untuk art meditation session.  Anak-anak terkadang sulit untuk mengekspresikan apa yang sedang mereka rasakan, sehingga kita sebagai orang tua juga tidak mudah memahami mereka. Kegiatan art meditation ini menurutku cukup sederhana dan dapat dilakukan sendiri dengan anak di rumah.


Anak-anak usia 4 - 7 tahun bisa melakukan kegiatan art meditation


Gambar yang merepresentasikan feelings

Tidak ada komentar:

Posting Komentar