Rabu, 07 Oktober 2015

5 Tips Memuji Anak : Pengalaman Pribadi Emak Emak

Tips Memuji Anak - Memuji yes.. ini yang susah susah gampang terutama kebiasaan suami yang datang dari keluarga mungkin dengan standar pujian yang sangat tinggi sehingga merupakan usaha berat untuk dapat memberi dan menerima pujian ke anak, Aku bukan psikolog bukan mengambil pendidikan khusus masalah ini, namun mengambil pelajaran dari berbagai artikel serta apa yang dapat dari pendidikan natural di alam. Pengen aku tulis dan aku share ke semua pengunjung blog ku ini.

Anakku dan Ayahnya setelah pementasan Acara di Sekolah


Pujian buat aku penting , setidaknya menurutku sebagai stimulus bagi tumbuh kembang anak, memberi tahu anak secara tidak langsung ke anak mana yang boleh mana yang tidak dan membangun interaksi serta komunikasi antara kami.

Dari apa dan pengalamanku selama ini ada beberapa hal yang dapat diperhatikan dalam Tips Memuji Anak .

1. Puji perilaku bukan anaknya, dalam hal ini pengertiannya bukan aku memuji anakku karena kebedaaannya namun memuji anak karena suatu tingkah laku baik yang dia lakukan. Dan itu disebutkan , seperti,, " Ih kamu pinter gitu bisa lipat selimut sendiri, makasih yang sayang "

2.Gunakan Pujian untuk perilaku buruk yang anda ingin rubah , seperti "Misalnya berhenti merengek. Ketika anak bisa tidak merengek, beri dia pujian; “Kamu tidak  merengek. Bagus. Kamu sekarang punya mulut yang bagus untuk ngomong dengan baik.”

3.Puji Anak dengan tulus , Kadang kadang kita memuji karena kebiasaan, atau amat jarang memuji karena kita pikir hal itu sudah biasa, Pujian akan kehilangan esensinya ketika terlalu sering ataupun dilakukan untuk hal yang sudah menjadi kebiasaannya. Lakukan dengan tulus, dan bukan karena kita ada maunya

4.Gunakan standar yang nyata, misalnya “Kamu akan lebih bagus pakai pita kuning itu daripada yang ungu karena bajumu ada warna kuningnya.”  Bukannya, “Pita kuning akan membuatmu lebih cantik. Kalau pakai pita ungu itu kamu jadi nggak cantik.” Dijamin, anak selamanya akan menghindari warna ungu karena merasa tidak cantik dengan warna itu.

5. Puji anak untuk sesuatu yang harus dia lakukan, bukan sesuatu yang dia suka lakukan.  Misalnya, memberesi mainan sudah seharusnya dia lakukan. Bila anak mau melakukannya, beri pujian; “Bagus, kamu bertanggung jawab pada mainanmu.”

Tips memuji ini merupakan aplikasi sehari hari , jadi jangan takut salah, lakukanlah terus dengan menganggapnya juga sebagai seni, bukan hanya kalimatnya, tapi pakailah gestur tubuh dan pandangan mata seorang orang tua terhadap anak yang tulus.

Selamat mencoba ya, mudah mudahan tips saya ini berguna untu kehidupan keluarga anda. Cek Website Jualan Kostum Bola suamiku yach (promosi dikit,, boleh kan :)  )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar