Kamis, 01 Oktober 2015

Tips Keuangan Keluarga : Merencanakan Masa Depan dengan Reksadana

Tips Keuangan Keluarga : Merencanakan Masa Depan dengan Reksadana -  Hari ini ingin menuliskan sedikit banyak pengetahuanku tentang Reksadana, aku bukan expert bukan juga ahli ( sama kali yee.. ) tapi lebih pada apa yang selalu aku baca baca lewat forum serta apa yang dilakukan untuk praktekinnya setelahnya.





Reksa dana adalah itu tempatnya menghimpun dana dari masyarakat yang selanjutnya akan diinvestasikan ke pasar modal oleh  apa yang disebut Manajer Investasi. Pengertianku sebagai average emak emak adalah orang yang jago gape ngolah baca pasar keuangan dan angka angka statistik, Email aku kalo salah ya :)

Generalnya, ada 4 jenis Reksa Dana, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. “Bagi investor yang ingin berinvestasi di pasar modal tetapi memiliki keterbatasan waktu dan keahlian, bisa melakukannya lewat reksa dana yang dikelola oleh pihak yang ahli, yaitu manajer investasi,



Kalo jaman emak babe kita investasi masih kaya rumah, kos kosan dan emas, mungkin Reksadana itu jadi salah satu alternatif yang cukup menarik. Pengalamanku sih, dari lihat sodara yang punya kos kosan dan rumah kontrakan, walaupun disebut passive tetap masih harus maintanance dan cari penyewa baru, engga ada yang full Passive , trust me engga ada. (email gw lagi bila kalian nemuin ini).

Karena saya juga udah analisis siapa aja yang akses blog aku ini (rata rata sih ibu ibu muda dengan asumsi tingkat status sosial menengah atas ya) pasti sudah melek searching lewat google atau forum lainnya. Saran aku sih cari Reksadana yang pengalamannya sudah turun naik 5 tahunan sehingga kinerjanya bisa keliatan dari historinya. Cari Kata Kunci dari nama Reksadananya sehingga dapat prospektusnya. Mereka taro dimana aja investasinya dan kinerjanya selama ini. Sebahagian besar bentuknya adalah website atau pdf.
Sekali lagi search dan bandingkan yang bener yach.

Aku Pribadi save keuaangan dengan Reksadana Saham Syariah, kalo cari di situs situs informasi Keuangan Reksadana ada beberapa opsi. Cari sendiri, gw engga mau kasih referensiku.. takut kalo rugi entar aku dispam lagi hihhihi..

Dengan sistem topup bulanan untuk masa jangka waktu yang aku perkirakan untuk 10 tahun lagi biaya sekolah universitas anak, menurut Financial Advisorku cukup aman. Jangan terpatok dengan teman atau terpengaruh dari orang yang ngaku jago,, tanpa melihat keseluruhan portofolio dan type investasi kita, Pasti tiap orang beda beda soalnya.

Investasi itu juga masalah pendidikan, ketika kita invest, di suatu hal baik itu Reksadana, Emas atau Properti, pasti balik lagi pada pengetahuan, Buat Gw, elo mau beli reksadana kek emas kek,, cara jualnya lagi,, baca kondisi pasar dll itu perlu dipelajarin , engga ada yang otomatis. ikutin terus Blog Catatan Bunda Dewi buat tips Keuangan Finansial yang











Tidak ada komentar:

Posting Komentar