Sabtu, 03 Oktober 2015

Tips Keuangan Keluarga : Saat PHK dana mana aja yang bisa dipkai

Badai PHK menghantui Indonesia, jujur aja krisis Indonesia udah berjalan dan pasar mulai merespon dengan pengurangan jam kerja, pemberian paket pensiun dini hingga 3 huruf sakti itu, P H dan K .



Walaupun aku bukan finansial advisor, cuman emak emak dari golongan bawah atasan dikit, namun sebagai wanita kita wajib mensupport suami dan meredam dampak bila suatu saat nanti usaha suami atau status suami yang tadinya bekerja menjadi tidak bekerja.

Pertama tugas kita ketika badai berlangsung adalah berusaha tenang, tunjukkan kebijakan seorang istri yang mensupport suami. Pangkas semua yang berbau keinginan bukan kebutuhan. Kalo pertanyaannya siap engga.. pasti jawabannya engga.. tapi beberapa kantung kantung cadangan ini patut jadi bahan pertimbangan.

1 Dana darurat.
Sebagai ibu ibu, pesan emak saya langsung, setidaknya nyimpen... baik itu pas dapat gaji awal bulan maupun sisa sisa belanjaan. Dana darurat ini bisa dibuka.. kalo dari info info di internet atau beberapa dari FP di tv dan majalah prinsip dana darurat ini.. terpisah dari rekening belanja biasa.. mudah dicairkan dan dapat memenuhi keuangan dan pengeluaran sehari hari, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan.

2. Dana JHT BPJS
Dana ini sudah ditarik 1.9 trilyun kabar aku baca terakhir.. suatu bukti penarikan besar besaran yang menandakan banyaknya PHK yang berlansung.. kalo suami kita berada di sektor informal.. well ... say good bye harapan punya dana ini.

3. Pesangon
Dana pesangon sangat banyak faktor penentunya. Baik dari jabatan terakhir, lama bekerja hingga perjanjian pengikatan di awal bekerja. Dana Pesangon ini bisa dijadikan pegangan hingga suami dapat pekerjaan baru.

4. Jual aset kamu.
Aset itu, kalo kepepet kepepetnya bisa langsung dilego, mau engga mau ya..  bisa rumah bisa mobil bisa motor, yakini ini mungkin jalannya.

5. Pinjam
Ini merupaan cara terakhir, bisa dari keluarga bisa dari teman bisa dari saudara, dana ini sedikit tricky karena bisa jadi anda bisa mengorbankan sedikit perasaaan yang kurang enak dan kalo dalam istilah aku , pekewuh.

Mudah mudahan tulisan aku ini tentang Tips Keuangan Keluarga ini terutama di PHK ini membantu anda yang terkena pemutusan hubungan kerja agar lebih tenang dalam menjalani tantangan hidup ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar