Senin, 17 Oktober 2016

Akhir pekan kami ke Kuntum Farmfield



Kuntum Farm Field  - Minggu lalu kedatangan ponakan (Diar, Ghania, Calya) dari Pontianak yang kebetulan ikut ke Jakarta. Karena orang tua mereka (kakak iparku) ada acara serah terima jabatan di kantor pusat di Serpong. Alhasil anak-anak "dititipkan" menginap di rumah kami untuk beberapa hari sampai acara kantor kedua orang tua nya selesai.

Yang paling senang sudah pasti Ara, karena di rumah ada sepupu-sepupunya. Selain itu aku pun off ke workshop dan bekerja dari rumah aja ngurusin jasa sewa kostum dan pembuatan baju spg sementara anak-anak ada di rumah.




Namanya anak-anak kalau udah kumpul ga afdol kalau ga minta jalan-jalan..apalagi mereka jarang sekali ketemu. Tapi aku ga mau juga ngajak mereka ke mall untuk main di playground seperti yang mereka biasa minta. Akhir pekan lalu akhirnya aku ajak ke Bogor mengunjungi salah satu tempat wisata edukasi yaitu Kuntum Farmfield. Disana anak-anak dapat mempelajari bagaimana memberi makan atau pun berinteraksi dengan hewan. Ada sapi, kambing, kelinci, hamster, ayam, angsa, burung, ikan. Selain itu juga anak-anak bisa menunggang kuda.
Kami sekeluarga sendiri sudah pernah ke Kuntum 2 tahun lalu, tapi saat itu disana belum ada wahana menunggang kuda. Aktivitas yang masih terbatas dan hewan yang ada juga masih belum begitu banyak.

Di kandang kelinci

Di kandang kambing

Harga Tiket Farm Field 2016 untuk usia mulai 2 tahun ke atas adalah 40.000 rupiah. Lalu untuk makanan binatang berupa sayuran hijau dan tanaman bervariasi antara 5000 - 10.000 rupiah. Untuk sapi dan kambing selain diberi makanan ada juga susu. Biaya Masuk Kuntum Farm Field ini mengalami kenaikan sebesar 20000 sejak pertama kali kami berkunjung kesana

Di kandang sapi


Ara dan mas Diar yang paling antusias memberi makan ke binatang disana. Sementara mba Ghania karena memang bukan tipe orang yang suka binatang, dia lebih memilih hanya memberi makan ikan saja hihihi..
Sementara Calya karena masih 6bln, kliatannya dia cukup puas hanya melihat saja..ya iyalaah apalagi yang bisa dilakukan anak bayik disana . Tapi menurut Ayah, pengenalan setidaknya melihat langsung, menyentuh langsung dan kebersamaan itu yang jadi aspek penting buat pendidikan usia dini (bahasanya lumayan berat sih. tapi manggut manggut aja cukup memuaskan dirinya kok heheheh)

Ara berkuda sementara sepupunya di pinggir lintasan

memberi makan ikan
Kesimpulan berkunjung ke Kuntum FarmField ini adalah :
1. Wahana bermain dan belajar yang cukup bagus untuk anak,
2. Wisata yang tidak terlalu luas sehingga membuatnya Pas untuk anak anak dari bayi hingga sekitar 7 tahunan.
3. Tersedia banyak balai balai dan tempat beristrirahat untuk orang tua membuatnya cocok untuk membawa keluarga besar. 
4. Parkiran yang lebih luas dari sebelumnya membuatnya lebih nyaman dan kendaraan lebih bebas mencari lahan parkir
.5. Tersedia lahan parkir yang luas untuk rombongan Bus.
6. Tersedia banyak stall makanan dan minuman di dalam sehingga dijamin tidak kelaparan sembari belajar dan bermain bersama di tempat ini.
7. Perjalanan sekitar 1,5 jam dari jakarta cukup terbayarkan.

Moga moga artikel ini cukup membantu buat kalian keluarga muda, guru dan sekolah yang mencari tempat field trip yang aman untuk siswa  serta mereka yang mau belajar mencintai satwa unggas.Kuntum Farm maju terus ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar