Minggu, 23 Oktober 2016

Melatih Anak Jujur - Tips Untuk Orangtua

Melatih Anak Jujur - beberapa tips sederhana ini akan menjadikan anak anda punya dasar akan kejujuran pada taraf yang mendekati sempurna.

Melatih Anak Jujur
Melatih Anak Jujur


Salah satu perkataan yang sedikit banyak selalu terngiang berasal dari Thomas Jefferson " Kejujuran adalah bab pertama dari buku kebijaksanaan"

Kejujuran adalah suatu hal yang sangat penting baik untuk bersosialisasi dengan keluarga inti sekarang dan saat mereka bersosialisasi pada lingkungan yang lebih luas nantinya. Pertama kali ketika berpikir kenapa kita mesti belajar jujur adalah jujur berarti menghemat waktu, menghemat energi dan efisien. Engga perlu energi berkelit, berpikir dan menenangkan.

1. TIPS Jujur Perlakukan anak seperti kita ingin diperlakukan.
Moralitas kejujuran berlaku 2 arah. Anda jujur , anak pun akan berlaku mengikuti anda. Kadang ada beberapa hal yang membuat kita malas menjelaskan atau memberithu ke anak.. karena malas, buang buang waktu atau merasa susah menjelaskan. Bersikaplah lebih sabar dan tunjukkan sikap yang bisa jadi PANUTAN kejujuran.


2. MENGAJARKAN DENGAN CONTOH TELADAN.
Anak bagaikan selembar kertas yang butuh teladan, harfiahnya anak tumbuh bukan saja dari ucapan yang kita berikan ke mereka tetapi juga dari tingkah polah dan itu ditiru secara sadar atau tidak oleh kita.

3. JUJUR JUGA DIUCAPKAN KARENA BUTUH ALASAN.
Perlakuan dan perkataan tidak baik seringkali dicontohkan melalui hal hal di lingkungan pergaulan, media sosial, internet dan televisi. Temani mereka dan berikan bimbingan, katakan dan komunikasikan apa apa yang bisa jadi batasan.

4. KEJUJURAN MUNGKIN PAHIT TAPI IT WORKS IN LONG TERMS.
 Yang jadi ketakutan pak suami adalah anak kami akan berbohong pada kami untuk sekedar menyenangkan hati atau membuat orang tuanya comfy, pada saat itu datang kita jujur pasti tidak bisa berbuat apa apa.. Namun saya kemudian berpikir "salah satu bagian dari sebuah kejujuran adalah seringkali kita mendapatkan nilai yang jelek.. dibawah rata rata kelas atau keburukan dalam jangka pendek.

Tapi secara average kehidupan, pasti sesuatu yang dilakukan dengan memegang teguh kejujuran pasti berimbal balik manis.

5. BERKOMUNIKASI INTENS.
Profilku sebagai ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai Fashion Designer dn CFO butik seragam membuat waktuku di tiap hari tidak selalu tersedia untuk anak kami. Komunikasi pun dilakukan dengan curi curi waktu di kesibukan dan mengajaknya selalu berbicara di kesempatan yang ada. Membangun komunikasi yang intens membuat anak dan kita dekat dari 2 arah.

Mungkin Tips Melatih Anak Jujur bagaimana membuat anak menjadi jujur dan berkepribadian berlandaskan kejujuran ini engga banyak.. tapi memudahkan temen temen ibu ibu seperjuanganku mendidik anak kita menjadi pribadi yang lebih baik dari penghuni penghuni surga nantinya..

1 komentar: