Minggu, 19 November 2017

Tips Umroh Bersama Anak

Tips Umroh Bersama Anak blogku kali ini seperti kebanyakan blogku yang lain antara bicara perjalananku ke berbagai tempat juga membahas pokok bahasan lainnya yang aku suka seperti membahas kue kue ataupun pengalamanku berpergian serta review ke berbagai tempat. Adalah salah satu impianku untuk dapat menjalankan ibadah umroh.Dan tahun ini suami dan aku kebagian rezeki dari projek yang engga terduga duga.. ya udah coba diniatkan untuk ibadah beserta suami.

UMROH BERSAMA ANAK

Ok sebagai awalnya karena memang sudah diniatkan dari jauh jauh hari.. aku juga sudah cri cari info tentang biaya dan berbagai paket yang disediakan oleh agen Travel Umroh dan Haji Plus yang ada dan berbagai ittenerarynya... pekerjaan browsing browsing ini emang aku suka dan dicoba untuk didetailkan karena suami sudah serahkan ini ke aku sedangkan pak suami lebih fokus ngongkosinnya hehehe.. jngan coba coba dia yang suruh nyari info.. munya pengen terim jadi soalnya.

Pembicaraan berlanjut ketika membahas apakah mengajak anak kami ataupun tidak. Karena pastinya secara biaya lebih besar, persiapan juga perlu,karena berarti harus mencari waktu yang terbaik, engga pas kami sibuk dan anak kami tidak pada jadwal terpadatnya ataupun ujian. Opsi untuk pergi berdua sebenarnya adalah opsi pertama juga sih..  ya pokoknya kalo sudah ngobrol berdua coba dicari berbagai kemungkinan yang ada.. udah kaya jaman kuliah kadang kadang mesti pake tabulasi malah.. serta kadang ada nangis nangisnya...

Di mesjid Nabawi selesai sholat 


Ok dengan berbagai pertimbangan.. suami memutuskan walaupun ajak anak belum balig bukan wajib.. namun karena niatnya memberikan "pengalaman " experience .. yaudah bismillah kami ambil paket Umroh sekamar bertiga. Walaupun ada Tour dan Travel Umroh yang menawarkan lebih murah.. namun kami memilih yang sedikit lebih mahal namun memakai penerbangan Saudi Arabia sehingga bisa turun di bandara Madinah.. jauh lebih hemat dalam waktu penerbangan, sehingga si kecil lebih hemat di tenaga. 

Menunggu waktu sholat isya di dalam mesjid ketika anak mulai lelah dan mengantuk adalah mengajak wefie.. (hehe.. beribadah sambil mengasuh anak juga pahalanya besar)

Karena umroh adalah perjalanan fisik serta spiritual.. fisiknya anak juga jadi concern kami diawal sebelum Umroh dijalankan.. cari cari di internet untuk Jarak Solat ke Masjid Nabawi itu sekitar 100 meteran sih.. namun kan bolak balik serta harus memperhitungkan jalan jalan masuk wilayah solat itu dilihat data samsung health  aku sekitar 14.000 langkah paling sedikit seharinya harus berjalan atau sekitar total 13 km.. keputusan suamiku membuat program latihan berjalan buat anakku sekitar 2 bulan sebelumnya adalah keputusan yang tepat.. karena ingin mendapatkan temperatur luar juga.. kita sepakat latihan jalan di taman ataupun wilayah luar lainnya. Biar menyenangkan.. kita kadang ajak sepupu sepupunya jalan bareng juga.. inget ya.. membangun mood anak pun jadi tugas kita.


Latihan Umroh lainnya.

Diperlukan waktu persiapan juga buat orang tuanya loh.. selain pakaian umroh yang dibagikan oleh pihak Travel Tour Umroh juga diperlukan juga menetapkan Hati kita. Mengikuti manasik yang ada disediakan travel serta mengajak anak juga penting, usia anakku yang saat umroh ini adalah kelas 2 sd cukup bisa membuatnya mendapatkan gambaran umum tentang apa umroh itu.. aku juga ada yg kurang paham .. apalagi dia menurutku.. tapi tadi.. experience  itu yang dicari..

Ehm .. bloh Tips umroh ini aku buat sembari aku masih menjalankan Ibadah Umroh, tepatnya posisi di Mekah.. jadi nanti aku buat postingan lebih lagi saat kembali ke Indonesia ya.. mudah mudahan Tips Umroh Bersama Anak ini membantu para orang tua memutuskan keputusan bersama ya.. persiapan apa yang perlu dilakukan.. aku bukan level ustazah ya guys.. hanya level jemaah berbagi dengan jemaah yang lain agar mendapatkan pahala lebih dan maksimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar