Minggu, 24 Januari 2016

Belajar Properti ala bunda dewi

Dulu sebelum nikah sama pak suami kita berdua plan mau tinggal sendiri setelah nikah. Tapi karena duitnya belum kumpul banyak waktu itu dia nyaranin beli rusunami di kalibata yg lagi launch sekitar awal tahun 2008. Dengan harga 154jt kalau cash atau skitar 200jtan lebih kalau lewat kpr akhirnya kita berdua ambil 1 unit disitu.


Setahunan setelah nikah dan punya anak kita pindah ke rusunami kalibata. Awal mulanya punya properti ya rusunami ini. Ternyata pak suami emang uda lihat peluang yg bagus di rusunami kalibata ini karena lokasi yg stategis dan masih berada di pusat kota jakarta selain itu juga di dukung sama sarana transportasi kereta krl di dekat rusunami.


Dari situ kita berdua jadi belajar investasi di properti. Karena setelah 6 bulan tinggal di rusunami..Alhamdulillah ada rejeki kita bisa nyicil beli rumah di daerah jatibening dan akhirnya pindah kesana. Rusunami kalibata kita kontrakin. Lumayan kalau dapet uang kontrakan bisa buat tambahan bulanan dan tabungan lagi buat travelling hehehe.. Udah 5 thn lebih investasi di sini Alhamdulillah lumayan kebantu pemasukkan keluarga ku.


Tahun lalu suami tiba2 ingin merambah properti di Cikarang..ya karena dia liat perkembangan daerah Cikarang ini meningkat significant karena banyak industri manufaktur di daerah ini otomatis kebutuhan akan tempat tinggal juga akan meningkat terutama untuk ekspatriat. Hingga akhirnya pak suami diskusi sama istrinya ini untuk ambil apartemen disana. Kenapa apartemen?  Karena dari data statistik yang kami dapatkan dan survey langsung..potensi para ekspatriat ini memilih tinggal di apartemen lebih tinggi dibandingkan landed house. Diskusi panjang berdua dan bolak-balik cek ke lokasi akhirnya diputuskan ambil 1 unit apartemen di The Oasis Cikarang. Bismillah aja mudah-mudahan berkah buat keluarga kami.
Selama proses pembangunan nya kita berdua sering berkunjung kesana untuk sekedar tau progressnya. Pak suami sangat konsern banget mengingat ini adalah properti pertama kami yg agak jauh dari ibukotah hehe..maklum masih proses belajar juga jadi selain tanya ke ahli di bidangnya kita berdua juga lebih suka terjun langsung.
Alhamdulillah awal tahun ini uda kliatan progress nya..tinggal finishing sedikit lagi Insya Allah bulan depan uda bisa serah terima.


Dari pak suami aku belajar beberapa hal untuk pemilihan properti, yaitu lokasi, kemungkinan pangsa pasar, sarana prasarana di lingkungan sekitar, dan yang penting juga budget. Sebenernya kalau budget bisa juga disiasati dengan cash bertahap, atau KPA. Sedikit sharing dari aku yang masih cetek ilmu ini. Kalau ada yang salah mengenai belajar properti atau ada yang mau ditambahkan boleh email aku ya. 
Sekalian baca, kunjungi juga website Kontraktor Interior Cikarang pak suami ya readers




3 komentar:

  1. Mbak Dewi,

    Boleh sharing The Oasis ga Bu, gimana dengan Scheduled serah terima sesuai jadwal ga? KUalitas bangunannya gimana? Oh ya..klo market sewa nya sesuai ga sekitar 1000 USD. Kebetulan saya juga ada rencana mau ngambil Tower Acacia. Makasih ya

    BalasHapus
  2. Mbak Dewi,

    Boleh sharing The Oasis ga Bu, gimana dengan Scheduled serah terima sesuai jadwal ga? KUalitas bangunannya gimana? Oh ya..klo market sewa nya sesuai ga sekitar 1000 USD. Kebetulan saya juga ada rencana mau ngambil Tower Acacia. Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah untuk tower Mahoghani yg saya ambil serah terima nya on time. Secara keseluruhan saya cukup puas dengan kualitas bangunannya, finishingnya bagus.
      Kebetulan saat ini masih tahap furnish interiornya, dan dari pihak pengelola baru bisa dihuni sekitar bulan April 2016 ini jd saya belum tau market sewa nya. Selain itu juga market sewa tergantung type unit.

      Hapus