Selasa, 26 Januari 2016

Mengatur Rencana Liburan keluarga

Baru juga awal tahun yaa tapi kok uda ngomongin liburan aja..eitss jangan salah liburan itu penting lhoo. Dari beberapa artikel yang pernah aku baca liburan itu bisa mengurangi stress lho. Kalo engga stress kan otomatis bagus juga buat kesehatan. Apalagi kita yang tinggal di ibukota negara kayak Jakarta, di jalan mau melakukan aktivitas aja bisa stress gara-gara macet. Belum urusan lainnya kayak keluarga, pekerjaan, pertemanan dll.



Buat aku sendiri baru merencanakan liburan dan baru bikin itinerary aja uda seneng rasanya. Walopun abis itu jadi pusing lagi mikirin budget liburan nya hahaha.. Biar ga pusing sama budget liburan, makanya dari jauh hari udah di rencanakan kira-kira mau kemana liburan keluarga selanjutnya. Apalagi kalau liburannya mau keluar kota bahkan keluar negeri. Perlu perencanaan yang baik dari segi budget. Jangan sampai abis dari liburan uang kita habis hingga ga bisa mencukupi kebutuhan sampai akhir bulan. Nah itu yang bahaya.

Buat aku dan pak suami untuk merencanakan liburan adakalanya well planned atau kadang malah dadakan aja. Tapi biasanya kalau yang dadakan itu liburan ke tempat yang deket-deket aja sekitar Jabodetabek atau ya paling jauh ke Bandung. Kalau yang well planned biasanya kalau kita mau liburan keluar kota atau malah keluar negeri. 




Dikala senggang diluar kesibukanku sehari-hari selain urus keluarga juga mengurus usaha pembuatan kostum dan sewa kostum, selama ini ada beberapa cara untuk bisa Mengatur Rencana Liburan Keluarga :

1. Tentukan tempat liburan yang diingkan jauh hari. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kondisi daerah, objek witasa, alat transportasi ke tempat tersebut, penginapan dan kondisi cuaca di tempat tersebut.

2.Buatlah anggaran biaya nya seperti, biaya transportasi, akomodasi, makan, masuk tempat wisata dan anggaran tak terduga apabila sakit atau lainnya saat liburan.

3. Menabung, sisihkan setiap bulannya dari penghasilan yang kita dapat tiap bulan. Misalnya dalam 6 bulan ke depan kita akan berlibur. Setelah mengetahui biaya nya lalu bagi selama 6 untuk nominal yang harus ditabung setiap bulannya. Nah mulai hidup hemat tuh kalau udah tau anggaran biaya liburan yang diperlukan hehe..

4. Membeli tiket perjalanan, penginapan, bahkan tiket masuk objek wisata secara online. Biasanya jika kita membeli secara online beberapa bulan sebelumnya kita akan mendapatkan harga lebih murah. Bahkan untuk maskapai suatu waktu ada yang menawarkan harga tiket promo yang hanya Rp1 sekali jalan. Tapi biasanya untuk pembelian online kita harus punya kartu kredit atau rekening yang menerima pembayaran antar negara seperti paypal. 


Yuuks rencanakan liburan keluarga kalian jauh hari biar liburannya lebih hemat dan menyenangkan :) 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar