Rabu, 27 Januari 2016

Tips Menikah - Beberapa hal yang harus dibahas sebelum menikah

Tips Menikah - Beberapa hal yang harus dibahas sebelum menikah ,  hal yang aku tulis didalam blog ini sebenarnya adalah rangkuman dari beberapa artikel yang aku pikir  bermafaat tentang pernikahan, yang udah lama banget pengen aku tulis ulang. Keadaan menikah buat beberapa pasangan sebenarnya hal yang sangat sensitif karena jujur saja, kadang kali background yang berbeda, kurangnya pengertian dan tenggang rasa menjadikannya tidak sesuai dengan pandangan kita di awal tentang pernikahan,Sekali lagi artikel ini bukan ingin menggurui dan apalagi merasa menjadi yang paling baik , tapi sekedar sharing, sekedar latihan menulis blog tentang keluarga serta mungkin ada pembaca disini yang merasa tulisan aku berguna.



1. Jadilah diri sendiri namun perhatikan perasaan pasangan.
Menikah bukan suatu kebohongan, bila anda suka sesuatu atau hobi sesuatu, tetap saja jalankan, selama itu positif dan engga merusak keuangan keluarga anda. Pastikan anda berkomunikasi dengan pasangan tentang berbagai hal termasuk tentang hobi/kebiasaan anda pada pasangan.

2. Komit pada Komitmen.
Ketika anda menikah berarti menyatukan dua kepala sehingga keluar satu suara. Komit pada komitemn anda di awal pernihkahan. dari beberapa artikel yang aku baca tujuan umumnya kan beberapa, Mencari keturunan, mencari berkah dunia akhirat dan memenuhi separuh iman. Punya rumah gedung, kamar tidur berAC ataupun tujuan duniawi yang lain ya anggap "Bonus", diskusikan dan beri pengertian ke pasangan tentang komitmen ini.

3. Pola pandang
Mencari kesamaan, hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan bersama, adalah yang penting. Pahami pola pola prilaku masing masing , kesukaan ketidak sukaan, hal hal menjijikan, trauma masa kecil pasangan sehingga bisa mencari Hal Hal yang menyenangkan bersama, Bila mau dicari Seribu Kesalahan Pasangan, Insya Allah pasti ketemu , percaya deh.. tapi apa gunanya.. Pola pikir dan cara pandang aja yang dirubah mencari kesamaannya.

4. Benar atau salah, ambil keputusan dan komunikasikan.
Seperti sebuah kapal, suami adalah kapten kapal, Pastikan pak suami atau pimpinan anda terkomunikasi dengan benar tentang banyak hal dalam keluarga, sehingga bisa mengambil keputusan terbaik saat itu. Kadang kala keputusan yang dianggapp benar saat itu bukan yang terbaik bila dilihat 1 -2  tahun berikutnya. Ambil contoh tentang pemilihan pekerjaan, lokasi rumah anda ataupun pilihan sekolah anak anda. Kadang kala bahkan seringkali keluarga besar bingung atau mengangap keputusan yang diambil adalah hal yang salaha? Jangan terlalu cepat ambil posisi bertahan. Komunikasikan sudut pandang anda dengan keluarga besar. Bila tetap salah.. tetap jaga hubungan namun anda adalah kru dari Kapal anda sendiri.

Dari beberapa Tips Menikah ini, ada benang merah yang menjadi penyatunya. Komunikasi. Pastikan anda bisa berkomunikasi dengan lancar, efektif dan nyambung. Kalo dari bahasa Kapten Kapal saya, yang ada Chemistrynya. Moga moga bermanfaat ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar