Kamis, 28 Januari 2016

Management Penyimpanan Dokumen : ooh Kk..dimana kau berada

Aku termasuk orang yang kurang tertib soal Management Penyimpanan Dokumen.  Makanya pak suami sampe buka Save Deposit Box (SDB) di salah satu bank di Jakarta khusus untuk simpan dokumen-dokumen penting. Tapi ya teteup aja pas lagi nyari dokumen yang dibutuhkan tiba-tiba menghilang bahkan di sdb pun bikin panik banget.


Management Penyimpanan Dokumen

Awalnya semua dokumen penting di simpan di SDB. Suatu waktu misalnya saat perpanjang STNK kendaraan kami, itu bpkp diambil dari sdb..lalu setelah melakukan perpanjangan stnk keesokan harinya karena sok sibuk ngurusin kerjaan yang awalnya menunda tar sok tar sok mau balikin tuh bpkb ke sdb lg eeh jadi lupa lama-lama. Dan lupa simpan di sdb lagi bisa sampai setahun..hingga akhirnya tahun berikutnya harus perpanjang lagi dan ketika sampai di sdb itu bpkb ga adaa dong..dan alhasil panik berdua pak suami bingung nyari bpkb. Padahal kalau dari awal kita berdua khususnya aku siy mau tertib untuk balikin lg ke sdb kejadian panik dan nyari2 dokumen ga akan ada.

Adalagi niy kejadian yang terbaru soal hilangnya dokumen Kartu Keluarga (KK) kami. Seingatku dokumen ini memang pernah diambil dari SDB tapi lupa entah kapan dan aku simpan di salah satu lemari di rumah. Beberapa bulan lalu saat mau mengurus pendaftaran SD untuk Ara, memang diminta fotocopy kk dan akte lahir Ara. Tapi karena di rumah dan di kantor aku memang selalu back up fotocopyan dokumen-dokumen penting itu jadi aku ga terlalu ambil pusing ketika Kk asli ga ada.

Nah beberapa minggu lalu aku kebetulan baru ngeh kalau pasporku sudah mau expired masa berlakunya. Jadilah aku daftar online tuh buat ganti paspor baru. Dan untuk datang ke Kanim (Kantor imigrasi) untuk nyerahin berkas, wawancara dan foto dijadwalkan awal bulan depan. Untuk kelengkapan berkas butuh dokumen asli juga selain fotocopy, yaitu seperti Akte kelahiran, Kk, Ktp, dan Paspor asli. Karena seingatku Kk sudah pernah kuambil dari SDB tapi pas aku cari-cari di rumah ga ada juga. Panik level 1-3 lah kira-kira saat itu. Padahal tinggal seminggu lagi aku harus ke Kanim urus paspor. Setelah coba mengingat-ingat, aku bilang ke pak suami mau ke sdb dengan alasan mungkin sudah aku  kembalikan lagi ke sdb (sambil coba mengingat dan ragu-ragu juga siy). Esoknya kami ke sdb dan ternyata zooonk..Kk juga ga ada di SDB..
ya Allah, kemana ini Kk ku, aku uda panik level 4-6..lalu tiba-tiba ada sedikit angin sejuk dari pak suami yg bilang "mungkin di kantor di mesin scanner, kan pernah  scanner Kk tuh" ooh iya ada kemungkinan juga siy ada di kantor, aku jg uda ga bisa mikir tenang tapi masih ada harapan setidaknya untuk cari Kk ku di kantor. Padahal siy pak suami juga 11-12 lah sama aku kalau soal nyimpan dokumen kayak gini, malah dia lebih sering melimpahkan ke istrinya ini untuk memanage penyimpanan biar saat dia perlu tinggal tanya istrinya masalah kelar. Padahal siy engga juga ya..hehe..lha buktinya kayak sekarang Kk entah ada dimana aku sendiri lupa sama sekali.

Aku uda browsing aja tuh cara ngurus Kk yang hilang gimana dan bisa jadi berapa lama. Kan masih ada fotocopy Kk jadi mungkin aja kalau ganti baru urus di kecamatan bisa langsung keluar yang baru. Sampailah akhirnya di kantorku dan aku langsung sibuk sendiri cari-cari itu Kk. Di scanner ga ada, bahkan udah aku bongkar-bongkar semua berkas di kantor sampai tanya sama staff ku yg biasanya ngurusin administrasi di kantor juga bilang engga liat itu Kk ku.. Masya Allah..ada dimana itu Kk yaa..masa siy jatoh di jalan trus terbang entah kemana.

Kebetulan hari itu aku pulang duluan dari kantor sementara pak suami masih ada meeting diluar kantor untuk urusan bisnisnya di Jasa Kontraktor Kantor. Dah agak malem juga aku sampai rumah. Tapi pikiranku uda ga tenang soal Kk, berniat untuk cek lagi di rumah minta bantuan orang rumah. Kalau masih engga ketemu juga mau ga mau besok uda harus ngurus Kk baru. Duuh bikin kerjaan lagi deh ngurus Kk baru.
Semua penjuru rumah dan orang yang ada di rumah sudah dikerahkan maksimal tapi itu Kk ga ketahuan juga dimana. Sampai pak suami pulang aku laporan sambil lemes bilang kalau Kk belum ketemu. Akhirnya pak suami nyuruh aku istirahat karena udah malem juga. Emang badan udah cape juga dan pikiran gak tenang akhirnya aku coba untung istirahat tapi dalam hati ga berhenti zikir. Ya aku orangnya memang gitu..kalau uda mentok ga bisa berbuat apa-apa kebiasaanku selalu zikir dan baca surat Al fatihah sebanyak banyaknya..sampai aku cape dan akhirnya ga terasa mungkin lama-lama aku tidur.

Tengah malam tiba2 aku bangun.. mungkin karena efek pikiran soal keberadaan Kk ku itu. Tidur pun jadi ga nyenyak. Biasanya kalau kebangun tengah malam aku sholat tahajud, tapi kebetulan lg engga boleh sholat alias lg haid jadi ya cuma zikir aja sambil coba merem lagi.. eeeh tapi tiba-tiba ga lama aku kepikiran cari Kk lagi di tempat yang kemungkinan ada..yaitu di dalam lemari dan WallahuAllam..Alhamdulillah tiba-tiba itu Kk ada ditempat tersembunyi di lemari yang dari kemarin aku cari tapi engga menjamah bahkan kepikiran soal Kk ada disitu... AllahuAkbar Sungguh Engkau Maha Tahu apa yang tidak diketahui oleh hambaMu..
Begitu Kk ketemu aku langsung tenaaaang banget dan gak henti ngucap syukur Alhamdulillah.. uda tenang awal bulan depan mau ganti paspor. Semoga aja urusan perpanjangan pasporku lancar nanti. Aamiin..

Dari pengalaman ku ini tertib untuk simpan dokumen itu penting banget. Sebenernya ini siy hal yang sederhana dan mudah. Asal kita mau disiplin dan rapih penyimpanan aja. Kalau kita udah punya tempat penyimpanan dokumen entah itu brankas di rumah atau simpan di SDB kayak aku..sebaiknya segera kembalikan ketempat penyimpanan apabila sudah selesai digunakan. Biar engga buang energi, waktu dan pikiran untuk nyari-nyari dokumen kayak pengalamanku. Karena seiring waktu percaya deh sama aku..ketika kita sendiri dulu sama udah berkeluarga dan punya anak pasti banyak tuh punya surat penting atau dokumen penting seperti akte lahir, ijazah, surat nikah, surat rumah, bpkb kendaraan, polis asuransi dan mungkin masih banyak lagi lainnya. Nah buat emak-emak kayak aku ini biarpun keliatan sepele tapi kalau kita uda engga tertib sekali aja soal penyimpanan dokumen ini lama-lama jadi keterusan dan bisa berabe. Bisa-bisa sering ke kantor polisi gara-gara minta surat kehilangan terus hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar