Kamis, 21 Januari 2016

Wajib Dibaca : Kebutuhan Seorang anak perempuan dari ayahnya

Harus saya akui kalau papa saya sangat hebat dalam ‘menangani’ para perempuan yang ada di dalam hidupnya. Ketiga anaknya dan seorang isteri.


Penulisan artikel ini dibuat karena adanya tweet ini dari seorang kenalan di status tweeternya. Kenalan saya  ini merupakan Home dad , yang mengungkapkan kebingungannya saat menemani anak perempuannya berenang. Ketika acara main main air ini selesai dan ingin bilas, dia mengalami kebingungan  antara membaca sang anak ke kamar mandi pria atau ke kamar mandi perempuan. Terdengar kebingungan yang sangat normal bukan buat para ayah , baik itu Home dad maupun single father.


Membaca tulisan ini saya kembali teringat memori keluarga kami ketika ayah dan saya masih muda. Mungkin pengalaman saya dan memori masa kecil saya dapat membantu mengingatkan kebutuhan seorang anak perempuan dari ayahnya .

1. Memahami perubahan yang terjadi dari anak perempuan anda, baik fisik maupun psikologis.
Baik itu Home dad, single father ataupun ayah yang memang cukup care dengana anak perempuannya, mungkin ada tiba saatnya andalah yang menemani anak anda membeli miniset pertamanya. Miniset taukan? miniset itu, adalah pakaian dalam sebelum menggunakan bra untuk menopang perubahan tubuh. Bila anda bukanlah seoarang dengan saudara perempuan, atau dengan istri yang siap memberikan dukungan . Kumpulkan energi yang cukup,, percaya diri dan mulai dukung anak anda dengan mengatakan "Anak saya butuh Miniset" kepada SPG di departement store anda.

2. Menstruasi pertama, 
Anak anda, suatu saat akan mengalami menstruasi pertamanya. sadari hal itu, dan mulailah memberikan pengertian buat dirinya dan diri anda sendiri, karena mungkin sekali ada perubahan secara emosi pada diri sang anak. Apapun yang dikatakan anak anda saat PMS jangan dimasukkan hati, karena itu.. "ada makhluk halus  dalam tubuhnya (hehehhehe) ' inget inget jaman pacaran dulu aja.

3. Pembalut itu ada banyak loh jenisnya.
Ada yang dengan wing, ada yang tipis panjang, ada yang lebar, mungkin saja anak anda tidak pewe dengan pembalut jenis pertamanya.. belikan lagi jenis yang lain dan biarkan dia memilih.

4. Saat Jerawat tumbuh dan badannya berubah gemuk.
seperti point sebelumnya, ingatlah selalu jaman anda pacaran dulu, emosi anak gadis anda akan mulai berubah akibat adanya jerawat dan gemuk, jadilah ayah yang mendukung, sesekali boleh saja mentertawakan, tapi selebihnya jadilah ayah yang suportif, berusaha mendengarkan keluhan dan kegundahan hatinya. Masalah ini adalah masalah yang biasanya timbul ketika anak anda masuk usia abg. Berikan solusi olah raga dan pilihan pilihan pola makan yang sehat bersama. Ajak dan miliki waktu bersama melakukan aktivitas bergerak dan olahraga.

5. Tanamkan pola pikir dan apa yang boleh dan tidak ketika bergaul dengan laki laki.
Memori saya mengatakan bahwa ayah sesekali mengatakan apa yang beliau tidak sukai tentang sikap terhadap lawan jenis, bagaimana menghormati pihak yang lebih tua, bagaimana berteman dengan laki laki, bahkan terkadang masalah mengangkat kaki atau tertawa yang elegan, mungkin hal hal ini jadi masukan buat hubungan anda dan anak perempuan anda nantinya.

Bersiaplah.. mulaidari hal hal kecil, sikap dan cara bicara anda sangat membantu loh..





3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar